SUKSES tidak ditentukan latar belakang kita

Hari ini produktif banget, namun yang paling memorable adalah moment makan siang dengan Sebutlah pak Budi, beliau sangking humble nya sampe gak memperbolehkan saya nulis namanya🙂

Ketika saya ketemu pak Budi, pas tukeran kartu nama saya melirik dikit title dibawah kartu namanya , tertulis Agency Owner salah satu perusahaan Asuransi terbesar di tanah air.

Sepanjang makan siang kita tukeran cerita, but my most favourite subject adalah cerita kisah beliau hingga menjadi sukses seperti saat ini.

Pak Budi , 43 tahun mengawali karir nya dari sangat muda, beliau berasal dari Bangka, datang dari keluarga yang kurang berada, kemiskinan memaksa beliau berenti sekolah hanya di bangku SMP.

Drop out dalam usia yang sangat belia tidak menjadikan beliau patah arang, demi menyambung hidup, Budi di usia belum menginjak 15 mulai bekerja keras membanting tulang, semua pekerjaan kasar udah di lakoni, dari jaga toko, hingga supir, di kerjakan dengan penuh semangat

Awal tahun 1990-an pak Budi hijrah ke ibu kota, tinggal menumpang di tempat temannya di area ciledug, kebetulan ada ruangan bekas gudang yg kemudian dibersihkan untuk jadi kamar.

Setelah beberapa minggu berusaha mengenal jalan jalan di jakarta, beliau memberanikan diri melamar pekerjaan ,dengan modal ijasah SMP, yang bisa dilakukan adalah jadi salesman. Beruntung salah satu temannya sukses memasukkan Budi menjadi salesman di salah satu perushaan oli otomotif.

Dasarnya memang pintar plus pekerja sangat keras, dalam kurun waktu tak lama, Budi sukses menggondol beberapa prestasi tapi Rookie sales of the year
Hinggal the best salesman seantero Indonesia.

karena dirasakan penghasilan salesman “begitu begitu” aja, akhirnya beliau memberanikan diri resign dan buka toko oli otomotif, bidang yang sudah dia tekuni selama 5 tahun.

ternyata walaupun pelangganan nya banyak, Budi nyaris tidak bisa mengontrol profit perusahaan karena sering di tipu pelanggan yang kabur atau salesmen yang memanipulasi oembayaran customer.

Jengkel dengan bisnis yang tidak maju maju, pak Budi kemudian dikenalkan temannya ke industri asuransi, dia melihat temannya sukses menjadi agen asuransi dan tanpa di pikir panjang dia langsung join.

wah, ternyata jualan asuransi SANGAT SULIT, Budi bekerja keras untuk mengenai bisnis asuransi ini, bekerja keras > 12 jam sehari bahkan sering bekerja hingga jam 2 pagi demi ngejar calon nasabah.

Sekali lagi ketekunan dan kerja keras menjadi kunci sukses pak Budi menguasai industri asuransi.

Ketika saya tanya “apa sih rahasia pak Budi sehingga sukses di bisnis yang menurut saya sangat sulit karena produk yang di tawarkan bersifat intangible…..”

Jawab beliau “ketika kerja, jangan cuma mikirin cari uang dan profit, profit penting, namun fokuskan perhatian pada “bagaimana kita bisa membantu orang, bisnis Asuransi adalah bisnis untuk menolong orang during time of crisis…”

“Kalau kita fokus pada niat baik, hasilnya orang akan percaya kepada kita dan mau berbisnis dengan kita….” sambung beliau.

Sekarang pak Budi berusia 42 tahun, tidak terbayangkan bahkanoleh beliau sendiri kalau dengan background pendidikan yang cuma lulusan SMP dan bukan datang dari keluarga berada, sekarang bisa menjadi sangat sukses secara financial, memiliki perusahaan agency yang menjadi rekanan salah satu insurance company terbesar. Sales team beliau mendekati 3000 orang menempati 2 lantai salah satu gedung perkantoran di kawasan Thamrin Sudirman.

Walaupun sudah sukses secara financial, beliau tetap low profile, diluar urusan bisnis, sekarang beliau mulai fokus ke kegiatan social.

Pak Budi adalah real example From Zero To Hero, real proof bahwa masa lalu dan latar belakang TIDAK MENENTUkAN sukses seseorang di masa mendatang.

You just gotta Work Hard, Build Positive Reputation and Believe …

About Gabriel Montadaro

Vice President in one of Multinational companies by day and Night Rider After Dark, A humble servant of God, a curious Traveller, hopelessly romantic, You talk - I listen
This entry was posted in Business, Opinion and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to SUKSES tidak ditentukan latar belakang kita

  1. Cerita yang sangat inspiratif……

    Ingin sekali mendokumentasikan “proses perjuangan” orang2 spt pak Budi dengan detil dan eksploratif; dan kemudian menuliskannya dalam buku (sept model bukunya Malcolm Gladwell itu).

    Detil perjuangan dia, “key actions”, “moment of his everyday life” perlu di-ekstrak, dan kemudian mudah2an bisa di-replikasikan ke orang lain.

    Again, thanks for this inspiring post !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s